Cerita Pasar MayestikKawasan Mayestik

Santapan Legendaris Lezat Nan Menggoda (Cerita Pasar Mayestik)

Pasar Mayestik, merupakan salah satu pasar terlengkap yang berada di daerah Jakarta Selatan. Tak hanya untuk berbelanja, Pasar Mayestik juga terdapat berbagai wisata kuliner lezat manggoyang lidah.

Dalam Jelajah Kuliner yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Sabtu (29/11/2014), salah satu kuliner legendaris adalah Restoran Mandala Baru yang berada di Kawasan Pasar Jaya Mayestik, Jalan Tebah 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Jangan sampai tertipu dengan namanya, meskipun namanya Mandala Baru, namun ternyata tempat makan ini sudah ada sejak tahun 1962 lalu. Sudah bertahan selama itu, menu makanannya pasti spesial.

Sebagai hidangan pembuka, ada es shanghai. Isinya adalah es dicampur dengan cincau, cendol, jelly, kelapa, dan tapai. Untuk makanannya ada ayam goreng mentega. Daging ayamnya empuk, bumbunya pas terasa, manis, dan ada sedikit asam yang bikin segar. 1 Porsi berisi setengah ekor ayam yang dipotong menjadi 8, sehingga enaknya dimakan bersama keluarga.



Lalu ada ayam nanking yaitu fillet ayam yang digoreng dengan tepung sehingga menjadi garing kemudian disajikan dengan bihun goreng dan bumbu spesial yang terbuat dari mentega. Rasanya sedikit lebih asam daripada ayam goreng mentega, yang membuat enak adalah ayamnya tanpa tulang sehingga anak-anak mudah memakannya.

Setelah itu ada mie goreng yang juga merupakan salah satu menu andalan di tempat makan ini. Mienya digoreng, kemudian ada bakso, telur, kol, dan sawi. Rasa mie gorengnya sedikit manis. Baca juga : Kuliner dan Cosmetic Retail Therapy (Cerita Pasar Mayestik)

Jika Anda tak suka dengan sajian ayam atau mie, ada juga gurame asam manis. Ikan gurame sudah berbentuk filet kemudian digoreng dengan tepung dan diberi bumbu asam manis.

Harga untuk 1 porsi ayam goreng mentega Rp 48.000, mie goreng Rp 40.000, ayam nanking Rp 53.000, gurame asam manis Rp 12.000 per 100 gr, dan es shanghai Rp 25.000.

IMG_0694
Lokasi Sate Ayam H Sulaiman

Selanjutnya ada Sate Ayam H Sulaiman di Jalan Tebah 2, Kebayoran Baru yang sudah ada sejak tahun 1979. Bedanya dengan sate ayam lain adalah daging ayam yang disate di tempat ini lebih tebal dan besar. Meski begitu, daging ayamnya tetap empuk.

Bumbunya spesial karena kental dan kacangnya terasa. Meski di dalam sate ayamnya terdapat sedikit lemak yang tersembunyi, tetapi menjadi tidak terasa karena daging ayamnya yang memang empuk. Cukup dengan merogoh kocek Rp 20.000 Anda sudah dapat menikmati 1 porsi sate ayam ini.

Untuk makanan penutup, ada kue wafel hati (Bella Wafel). Salah satu yang spesial adalah wafel isi coklat dan keju. Meski luar wafelnya garing, namun dalamnya tetap empuk. Resep wafelnya rahasia. Harga 1 wafel hati Rp 2.000, kue ape Rp 1.500, dan kue apem Rp 13.000 per 10 pcs.

Tertarik untuk mencoba? Tak ada salahnya Anda mampir ke Pasar Mayestik untuk berbelanja sekaligus mencicipi beragam┬ákuliner yang dapat menggoyang lidah. Selamat mencoba… (Vra/Sss)

Sumber : Liputan 6 Siang SCTV29/10/14

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *